Sabtu, 11 Juli 2009

FORUM TA’ARUF DAN ORIENTASI (FORTASI) SISWA SEKOLAH MUHAMMADIYAH


Hai temen-temen bagaimana kabarnya ? Selamat ya buat kalian yang sudah lulus sekolah sehingga bisa melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi. Bagi yang lulus SD/MI bisa masuk ke SMP/MTs sedangkan yang lulus SMP/MTs bisa Nglanjutin sekolah ke SMA, SMK, ataupun MA. Nah karena sekarang kita dalam suasana baru ni, pasti banyak hal yang baru juga, iya kan dimana kita dapat sekolah baru, teman baru, kelas baru, pakaian baru kalo yang baru, dst

Oh iya kakak disini akan menjelaskan apa sih FORTASI itu ? ada yang tau nggak ? Kalo kalian menjawab Forum Ta’aruf dan Orientasi Siswa betul banget tu ! kalo betul kakak kasih nilai 100 deh. Di Fortasi ini kalian akan bertemu dengan teman-teman baru yang berasal dari berbagai tempat, maka kita perlu berkenalan karena kata pepatah tak kenal maka ta’ruf dong. Masih belum mudeng bin dong juga ya apa itu ta’aruf ? Ta’aruf itu sama aja dengan berkenalan. Ya biar dikatakan gaul aja, tau dikit-dikit tentang bahasa arab. Iya kan fren?

kenapa ada FORTASI?Ok secara singkatnya dalam suatu organisasi itu ada istilah perkaderan yang dimana merupakan salah satu kegiatan yang amat penting yang harus dilaksanakan oleh sebuah organisasi guna menjaga eksistensinya. Begitu juga Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) perlu mengadakan perkaderan guna menjaga kelangsungan hidupnya

Nah kalo IPM itu apa sih? Akukan baru masuk sekolah Muhammadiyah jadi gak tau. Sekilas pandang aja ya ! IPM itu merupakan suatu organisasi yang terdiri atas pelajar-pelajar Muhammadiyah yang di gunakan sebagai wadah kegiatan dan sarana dakwah khususnya dakwah di lingkungan sekolah. Selain itu IPM juga merupakan wadah untuk menyampaikan apresiasi dan potensi yang dimiliki serta temen-temen bisa berekspresi bebas asalkan hal yang positif ya!

Nah sekarang dah tau sedikit kan gambaran FORTASI dan IPM itu, mau tau lebih banyak lagi nggak ? Kalo mau yuk kita kaji lebih dalam mengenai FORTASI tentang pengertian, terus tujuanya secara jelas maka baca tulisan di bawah ini karena sesuatu yang nggak jelas itu remang-remang. Dan kalo yang remang-remang begitu nanti bisa ditangkap SATPOL PP.

Pengertian FORTASI

FORTASI itu sebenarnya akronim (kepanjangan) dari “Forum Ta’ruf dan Orientasi Siswa” yaitu suatu kegiatan yang terprogram secara sistematis dan terpadu untuk menumbuhkan dan mengembangkan semangat keberagaman dan kepekaan sosial serta merangsang kesadaran berkarya untuk mengembangkan minat dan potensi yang ada pada siswa ketika memasuki sekolah Muhammadiyah dan terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan segala kegiatan yang berlangsung di sekolah.

Tujuan FORTASI

Setiap kegiatan itu pasti punya tujuan. Kenapa kegiatan itu mau dilaksanakan, sama juga FORTASI pun juga punya tujuan. Tujuan fortasi dibagi menjadi dua yaitu :


  1. Tujuan umum

Terciptanya pelajar muslim yang mempunyai minat dan kemampuan untuk mengembangkan potensi diri serta kesadaran untuk selalu kreatif dan peka terhadap lingkungan sosial yang dilandasi oleh semangat keagamaan untuk membantu mengorientasikan proses pendidikan siswa di sekolah Muhammadiyah.

  1. Tujuan khusus

Setelah mengikuti FORTASI ini temen-temen diharapkan bisa menjadi pelajar muslim yang :

  • Punya minat dan mau menjalankan agama islam dengan baik dan benar;

  • Punya semangat untuk mengembangkan diri baik secara intelektual, skill, maupun sosial.

  • Kenal dan dekat dengan Muhammadiyah serta ortomnya (organisasi otonom Muhammadiyah seperti : Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiah, Tapak Suci Putra Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah dan Hisbul Wathan)

  • Mampu membuat suasana yang akrab dan damai yang dilandasi semangat ukhuwah islamiyah dengan semua peserta.

Selain itu FORTASI juga di gunakan sebagai sarana pengkaderan bagi IPM yang benar-benar berjiwa IPM. Perkaderan ini lebih bersifat prakondisi, yakni berusaha mengantarkan temen-temen dan mempersiapkan temen-temen kepada proses selajutnya. So… setelah kegiatan ini minimal kalian paham dan tahu serta akan tertarik untuk terlibat didalam Ikatan Pelajar Muhamadiyah (IPM).

Dan beberapa hal yang penting dalam FORTASI adalah FORTASI bukan pekaderan formalitas belaka yang dilaksanakan untuk memenuhi konsekuen sebagai pelajar Muhammadiyah, tapi juga untuk menumbuhkan kecintaan pada organisasi.

IPM juga merupakan wadah yang bersifat ideologis, ritual yang luas dan fleksibel serta memungkinkan untuk mewadahi minat temen-temen pelajar yang beraneka ragam yang tumbuh bukan karena keterpaksaan namun timbul dengan sendirinya tanpa ada paksaan.

Dalam FORTASI pun ada beberapa hal utama yang menentukan, yakni :

  1. Penyampaian materi

  2. Peserta

  3. Instrumen-instrumen

  4. Metode dan pendekatan

  5. Pengaturan atau terjadwal

Dalam hal ini penyampaian materi sangat berperan terutama penyampaian materi harus sesuai dengan keadaan temen-temen peserta FORTASI serta harus mengunakan metode yang sesuai dengan kondisi peserta FORTASI. Hal ini dikondisikan agar bersifat komunikatif dan dialogis tanpa mengesampingkan pada penekanan poin-poin tertentu

Nah…. Diharapkan setelah Fortasi ini temen-temen punya nilai tambah tersendiri terutama bagi yang akan menjadi anggota IPM nantinya. Suatu kegiatan itu tidak akan tercapai tujuanya tanpa ada kerjasama dan pengertian dari semua komponen. So…. pemateri dan peserta harus saling pngertian ya, agar tujuanya bisa tercapai. Ok! Sukron

2 komentar:

gusti adi pranoto mengatakan...

izin share ya kak?
salam kenal saya dari PD IPM Pringsewu Lampung

luthfi sulthon mengatakan...

Izin share mas... Dari PC IPM Gubug... Semoga bermanfaat dan berkah